Jakarta – Forum Wartawan Teknologi Indonesia (FORWAT) dengan bangga menggelar Fun Run 2025 yang berlangsung pada (16/11/2025) dan mengusung...
Jakarta – Forum Wartawan Teknologi Indonesia (FORWAT) dengan bangga menggelar Fun Run 2025 yang berlangsung pada (16/11/2025) dan mengusung tema “Run Together for Connectivity and Sustainability”. Melalui ajang lari ini FORWAT mengajak seluruh peserta untuk berkontribusi aktif terhadap lingkungan melalui inisiatif penukaran sampah elektronik (e-waste) dan sampah umum lainnya.
Fokus utama dari FORWAT Fun Run yang diikuti ratusan peserta dari kalangan jurnalis teknologi, pelaku industry serta regulator ini adalah aksi pengumpulan dan pengelolaan sampah elektronik (seperti ponsel lama, baterai, charger rusak, keyboard mini, dll.) yang sering kali berakhir di tempat sampah biasa dan mencemari lingkungan.
Seperti diketahui peningkatan penggunaan perangkat elektronik (gadget, peralatan rumah tangga) secara masif menyebabkan lonjakan volume Sampah Elektronik (E-Waste) yang mengandung bahan berbahaya (seperti merkuri, timbal, kadmium) dan mengancam lingkungan dan kesehatan, namun juga mengandung material berharga (emas, tembaga) yang dapat didaur ulang.
Di Indonesia sendiri, penanganan E-Waste masih menjadi tantangan serius, mulai dari kurangnya kesadaran masyarakat untuk memilah hingga minimnya fasilitas daur ulang yang terstandardisasi.
“Event ini tidak hanya ingin mengajak untuk hidup sehat dengan cara berlari tetapi kami juga ingin membuat event yang relate aktivitas kami sebagai forum wartawan teknologi. Nah, isu e-waste ini ternyata sangat relevan, tapi belum banyak dibahas,” ungkap Danang Arradian, Ketua Umum Forum Wartawan Teknologi Indonesia (FORWAT).
Lebih lanjut dijelaskan Danang, sampah elektronik pada tahun 2021 jumlahnya mencapai 2 juta ton, tapi yang baru bisa diolah masih di bawah 20%. Angka tersebut masih sangat kecil dan harus ditingkatkan jumlahnya.
“Oleh karena itu kami ingin membuat kampanye untuk membangun kesadaran tentang sampah elektronik. Tidak Cuma membangun kesadaran, melalui event ini kami ingin melakukan aksi nyata yang bisa dilakukan di sini dengan mengumulkan sampah elektronik,” imbuhnya.
Di event ini, setiap penyerahan e-waste yang dilakukan oleh peserta mendapatkan voucher belanja sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi aktif dalam pengelolaan sampah elektronik.
Untuk memastikan limbah diproses secara bertanggung jawab dan sesuai standar, FORWAT bekerja sama dengan e-WasteRJ, Lembaga nirlaba daur ulang limbah B3.
R Anugrah, GM Marketing MyRepublic Indonesia mengapresiasi inisiatif Forwat yang tidak hanya merangkul komunitas jurnalis teknologi, tetapi juga mendorong kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dalam perkembangan digital.
“MyRepublic Indonesia bangga menjadi bagian dari gerakan positif ini dan mendukung penuh upaya bersama untuk menghadirkan ekosistem digital yang lebih bertanggung jawab dan ramah lingkungan,” ucap R Anugrah.
Hasan Aula, Deputy CEO Erajaya mengapresiasi inisiatif FORWAT Fun Run 2025 yang tidak hanya mengajak masyarakat untuk hidup lebih aktif, tetapi juga meningkatkan kepedulian terhadap isu keberlanjutan, khususnya pengelolaan sampah elektronik.
Sebagai pelaku industri yang dekat dengan teknologi dan konsumen, Erajaya berkomitmen untuk mendukung upaya kolektif dalam menciptakan ekosistem yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan.
“Melalui kolaborasi seperti ini, kami berharap semakin banyak pihak yang tersadarkan akan pentingnya penanganan e-waste yang tepat, sehingga konektivitas dan inovasi dapat terus berjalan seiring dengan pelestarian lingkungan,” ungkap Hasan Aula.
Sementara itu PT Jala Lintas Media (JLM) Perusahaan penyedia layanan ICT mendukung gaya hidup urban generasi digital dengan menyediakan akses internet dan solusi ICT, yang berkontribusi pada inklusi digital dan pengembangan ekonomi menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh FORWAT ini.
“Kami terus menjalin berbagai kolaborasi strategis, termasuk dengan FORWAT, yang menjadi salah satu mitra penting dalam ekosistem kami. Ini adalah bagian dari komitmen JLM untuk membangun kemitraan yang sehat, transparan, dan berkelanjutan di setiap lini operasional,” ujar Victor Irianto, Pendiri dan CEO JLM Group.
Artini Asputri , PR & Marketing Manager LocknLock Indonesia menyampaikan pihaknya senang bisa jadi bagian event ini karena LocknLock juga merupakan perusahaan yang peduli dengan lingkungan dan berkomitmen untuk mengajak untuk gaya hidup yang berkelanjutan seperti campaign #BawaTumblerSendiri.
Inisiatif yang digagas FORWAT juga mendapat apresiasi dari PT Chery Sales Indonesia. Dukungan ini menjadi bagian dari langkah sinergis perusahaan dalam mendorong isu keberlanjutan (sustainability).
Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia, menegaskan bahwa upaya pelestarian lingkungan harus dilakukan secara sinergis dari berbagai lini.
“PT Chery Sales Indonesia sangat mengapresiasi langkah konkret FORWAT yang mengangkat isu e-waste. Hal ini sejalan dengan DNA kami yang berfokus pada sustainability dan future mobility. Chery Group berkomitmen penuh pada prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) yang diwujudkan melalui berbagai lini kendaraan kami, termasuk kendaraan berteknologi CSH (Chery Super Hybrid) dan EV yang semakin ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dukungan kami terhadap acara FORWAT ini merupakan bagian dari langkah sinergis tersebut,” ujar Rifkie.
Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung mobilitas bersih sebagai bagian dari gaya hidup berkelanjutan.
Hyundai Motors Indonesia mengapresiasi inisiatif FORWAT yang menggelar kegiatan lari bertema sustainability. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam menghadirkan mobilitas bersih dan berkelanjutan.
Melalui kendaraan listrik dan hibrida, Hyundai terus mendorong gaya hidup hijau yang sehat bagi masyarakat. Dukungan kami terhadap acara FORWAT ini merupakan bagian dari upaya nyata untuk mewujudkan masa depan mobilitas yang ramah lingkungan.
Bertempat di Parle Senayan, ajang lari FORWAT FUN RUN 2025 ini menempuh jarak 6,5 KM dengan rute Jl Gerbang Pemuda – Jl Asia Afrika – Jl Jend Sudirman – Jl Jend Gatot Subroto dan finish kembali di Parle Senayan Park, Jakarta.
Acara ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Kementerian Lingkungan Hidup, Mastel, Indosat Ooredoo Hutchison, Asuransi Astra, Shopee, Amazfit, Biznet, Indofood, Halodoc serta beberapa PR Agency seperti Kandi Imaji, Hoffman, Image Dynamic, SWN dan Talk Link
"Kami percaya bahwa semangat berolahraga dan semangat menjaga bumi harus berjalan beriringan. E-waste adalah isu besar yang sering terabaikan. Melalui event lari ini, kami ingin menciptakan platform yang sederhana namun berdampak, mengubah kebiasaan membuang menjadi kebiasaan mendaur ulang, satu langkah lari pada satu waktu," pungkas Danang.
--- SELESAI ---
COMMENTS